Atas

Tidak Ada Pembangunan Tanpa Perencanaan, Tidak Ada Perencanaan Tanpa Data dan Informasi, Tidak Ada Data Tanpa Penelitian

Minggu, 29 Juni 2014

Pengarahan Bupati Blitar Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur

Selasa (10/06/14) bertempat di Peringgitan Pendopo Kabupaten Blitar diselenggarakan Pengarahan Bupati Dalam Rangka Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur diawali dengan laporan Ketua Tim Pembina kepada Bupati, dengan melaporkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Pembina bersama Forum Kabupaten Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan, serta SKPD terkait, kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Bapak Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH yang menitik beratkan pada :



  1. Perlu ditingkatkan soliditas antara Penasehat, Pengurus Forum, Tim Pembina, Forum Komunikasi Kecamatan, dan stakeholder terkait dalam menggerakkan pembangunan di bidang kesehatan lingkungan, khususnya dalam mewujudkan program Pengembangan Kabupaten Blitar Sehat yang “ Sehat, Indah, Nyaman, Aman, dan Patriotik “

  1. Untuk menciptakan Kabupaten sehat harus dimulai dari Kecamatan yang sehat, selanjutnya Desa atau Kelurahan sehat.  Namun dari semua itu berawal dari keluarga-keluarga yang sehat yang mengerti pola hidup bersih dan sehat, untuk mewujudkan itu semua kita harus mempunyai satu tekat, satu semangat dan bekerjasama dalam meraih predikat Kabupaten Blitar yang Sehat.

Kemudian dilanjutkan dengan Penekanan Tugas dan Tanggung Jawab dari Bapak Wakil Bupati   Drs. Rijanto, MM kepada seluruh Camat-Kepala Desa/Kelurahan yang menjadi lokasi pilot project, Kepala Puskesmas, Dinas Pendidikan-Kepala Sekolah, Badan Lingkungan Hidup, BPPKB, Kwarcab Pramuka untuk mendukung seluruh kegiatan Kabupaten Sehat sesuai tugas dan fungsi masing-masing serta sesuai dengan Kelompok Kerja (pokja) Kabupaten Sehat yang telah dibentuk.

                                                                            
                                                                            
Semua perkantoran di Kabupaten Blitar agar menerapkan program perkantoran ramah lingkungan (Eco Office). Prinsipnya semua kantor harus bersih,rapi,ada tempat sampah, ada tanaman hias, tanaman peneduh, toilet bersi, hemat air dan listrik. Agar setiap Kecamatan, desa/kelurahan menjaga kebersihan tepi jalan, selokan, saluran air, drainase dan sungai, meningkatkan penghijauan di lingkungan masing-masing di tepi jalan dan di tempat-tempat umum,melakukan gerakkan PSN, gerakkan jumat bersih di seluruh rumah tangga dan tempat-tempat  umum.


Mengatur dan melakukan penataan PKL di 9 kecamatan, pembinaan terhadap pasar di wilayah agar menjadi pasar sehat dilaksanakan oleh Dinas Perindag dan Satpol PP, Badan LH bersama camat, kepala desa/kelurahan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar